Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Laptop Kamu HDD? Perlukah Disk Defrag?

1 comment

Seringkali kita sebagai user sebuah pc, meng-install atau menghapus sebuah aplikasi. Kegiatan itu akan menyebabkan file menjadi berpencar atau fragment yang membuat file tadi terpisah dari induk nya pada sistem hard disk. Dengan fragment yang terpencar dan terpisah-pisah ini tadi, membuat sistem kinerja memburuk, karena pecahan yang tidak ter-organisir secara baik ini tentunya akan memakan banyak ruang pada hard disk itu sendiri.

Jadi, Apa Itu Defrag?
Defrag adalah pengelompokkan sebuah file yang terpisah akibat proses penginstallan atau perubahan aktifitas pada suatu aplikasi. Lalu akan dikelompokan kembali ke lokasi file yang berdekatan atau sama didalam hard disk, agar proses kinerja sistem lebih cepat.

Dengan ibarat, kamu menyusun sebuah barang yang terpencar-pencar menjadi satu barang yang sama pada etalase maupun rak barang.

Apa Manfaat Dari Defrag?
Dengan melakukan defrag, kita bisa merasakan fungsi dari kinerja laptop yang lebih stabil dan lebih cepat. Karena defrag ini, memberikan banyak ruang pada sektor hard disk yang sudah dirapikan tadi. Dengan demikian, kegiatan men-defrag HDD ini sangat penting guna merawat HDD dari internal, serta membuat kinerja pada laptop berjalan lebih cepat.

Jadi Kesimpulannya, Apakah Perlu Defrag Pada HDD?
Sangat perlu, untuk menjaga kestabilan PC itu sendiri dan membaut ruang dalam HDD lebih besar dan membuat kinerja sistem lebih cepat. Apalagi melakukan defrag ini tidak sesulit yang kita bayangkan. Jika dalam dunia nyata kita lumayan lelah mengatur beberapa barang yang berantakan. Maka pada defrag ini, hanya menggunakan sebuah aplikasi bawaan windows itu sendiri. Yakni, Disk Defragmenter.

Apakah SSD Juga Bisa di Defrag?
Big no! SSD tidak perlu di defrag! Karena proses defrag ini dapat mengurangi umur SSD itu sendiri. Kenapa? Karena proses mekanik pada SSD berbeda daripada HDD. Karena SSD mempunyai sistem pembacaan data yang cepat. Tentunya melakukan defrag sangat sia-sia dan tidak dianjurkan bagi SSD.

Apakah Penamaan Disk Defragment pada Setiap Windows berbeda?
Benar, pada windows 7 kamu bisa menemukan aplikasi yang bernama Disk Defragmenter, sedangkan pada windows 8, 10 dan 11. Kamu bisa menggunakan Optimize Disk/Drive

Penutup
Bagaimana? Apakah kalian sudah paham bagaimana pentingnya defrag pada HDD? Sangat penting, bukan? Dan perlu diingatkan lagi jangan defrag jika kamu menggunakan SSD. Karena beresiko dan memperpendek pemakaian SSD itu sendiri. Nah maka dari itu, perlulah defrag HDD agar kinerja laptop semakin lebih cepat! Sekian dan terimakasih sudah membaca artikel dipronetz kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!


Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

1 comment

  1. Atikel yang bermanfaat, menambah pengetahuan saya. Ditunggu artikel terbarunya. Terimakasih.

    ReplyDelete

Post a Comment