Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Beberapa Virus yang Berbahaya di Platform PC

Post a Comment
Virus, dikenal sangat merugikan. Tidak hanya merugikan makhluk hidup, virus juga dapat merugikan benda mati. Salah satunya PC.


Seperti yang kita ketahui, banyak anti-virus menawarkan jasa membersihkan virus yang efektif dan ampuh. Sebagian anti-virus memang bekerja dengan baik. Tetapi, ada beberapa virus yang bandel dan susah untuk diatasi.

Adapun anti-virus yang sekadar membersihkan dan tidak efektif. Beberapa contoh anti-virus tersebut mungkin sudah kalian ketahui. Inti yang terpenting ialah, pilihlah anti-virus yang bagus. Beberapa anti-virus menawarkan jasa yang lebih ketika kamu 'membeli' fitur yang lebih atau versi premium.

Ok, kembali ke topik. Artikel kali ini saya akan membahas Virus yang berbahaya jika terdeteksi di PC kalian. Apa saja itu?

1. Trojan
Trojan adalah salah satu virus yang berbahaya yang saya masukan dalam list ini. Beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan virus yang bernama Trojan ini. Mengapa Trojan dikatakan berbahaya?

-Cara kerja Trojan : Adalah dapat memproleh informasi dari PC yang ter-infeksi, seperti data password, dan mengendalikan target. dan para 'penyebar virus' Trojan ini dapat mengacak ngacak sistem data kita.  Trojan juga terbagi beberapa jenis. yang pastinya setiap jenis juga merugikan.

- Dari mana Trojan bisa masuk? : Trojan dapat masuk dari aplikasi yang tidak dipercaya sumber nya. Seperti saat kita mendownload game dari tempat yang tidak dijamin amannya. (game bajakan dan aplikasi bajakan). Maka dari itu, lebih baik membeli game/aplikasi demi menjamin kemanan PC kesayangan kalian.

2. ILoveYou
Sekilas, nama virus ini terasa lucu dan romantis. Tapi, jangan salah. Virus ini termasuk dalam jenis virus berbahaya. Meskipun namanya I Love You kalian bakal merasa Hate You ketika virus ini menggrogoti PC kalian.

-Cara kerja ILoveYou : Mengacak file format JPEG, MP3, VBS, dll. dan menghapus file yang ber-ekstensi tersebut. dan juga dapat menjalankan program file yang berbahaya lainnya.

- Dari mana ILoveYou bisa masuk ? : Virus ini dapat masuk ketika kita menerima e-mail dari aplikasi microsoft outlook yang bersubjek "i love you" ketika kita membuka email tersebut ada lampiran yang menggunakan format.txt. Bagi sebagian orang, mereka menganggap Txt ini adalah format yang tidak berbahaya, akan tetapi ketika kita mendownload file ini. Otomatis kita sudah terjangkit virus ini yang diselipkan di file berbasis txt tersebut. Penyebaran virus ini diklaim, ketika salah satu orang mendowload virus ini dan setelah itu, komputer yang ter-infeksi akan secara otomatis mengirim email yang berisi virus tersebut secara acak kepada surel email lain.

3. WannaCry
Sama seperti nama virus ini, komputer yang terinfeksi virus ini membuat penggunannya akan menangis akibat dari fatalnya virus ini. Beberapa tahun lalu, virus ransomware ini sempat heboh karena menginfeksi beberapa rumah sakit di negara lain.

- Cara kerja WannaCry : Virus ini akan mengunci data data yang ada di PC kita dan yang tersisa hanyalah dua file. Dan ketika kita membuka file tersebut, Sistem mengatakan file tersebut telah di 'enkripsi'  dan kita diberi tenggat waktu untuk membayar, jika tidak file tersebut akan dihapus.

- Dari mana WannaCry bisa masuk ? : Virus ini bisa disebarkan melalui email dan link phising. Ketika kita membuka link tersebut, maka secara otomatis kita langsung mendownload virus ini. Dan juga para pelaku menggunakan tool ExternalBlue guna menyebarkan virus ini.

4. Sality
Sality adalah virus yang termasuk berbahaya, diantara beberapa virus 'lama' yang dijabarkan di atas. Sality adalah virus yang terbaru yang mampu menyusup ke PC kalian. Bahkan, beberapa tahun silam. saya mendaptkan virus ini menyebar di laptop saya. Setelah itu, semua sistem saya menjadi berat dan menggandakan file seenaknya, dan mendapati file baru yang entah darimana asalnya. Terakhir, virus ini membuat laptop saya mati total
.
- Cara kerja Sality :  Virus ini menduplikai beberapa file yang terdapat pada berkas. Mereka juga mencuri beberapa file, Berkas ini biasanya ber-ekstensi EXE dan SCR. adapun beberapa ekstensi DLL. sebagai tempat yang berisi virus tersebut.
Jika kalian menemukan file yang berupa :
  • Virus.Win32.Sality.q
  • w32/Sality.x
  • W32.Sality.U
    dsb.
Maka, PC kalian sudah positif terkena virus ini. Virus ini juga pandai menggandakan ukuran file menjadi lebih besar. Cara kerja penyebaran virus ini selalu menggadakan file secara terus menerus.

Yang parahnya, Sality mampu menyamarkan diri, artinya virus ini sangat susah terdeteksi oleh anti-virus. Itu dikarenakan memiliki 'pelindung' yang dimana mencegah komputer melakukan mode safe boot dan menghapus beberapa subkunci dari windows registory .

- Darimana Virus Sality bisa masuk ? : Sebenarnya, banyak berbagai jenis virus yang berat maupun ringan muncul dari ketika kita mendowload aplikasi yang bajakan, dan tidak sengaja membuka link-link yang tidak aman. Penyebaran virus ini bisa dari media jaringan lokal.
Virus ini sangat rentan dan mudah masuk jika saja kalian tidak berhati-hati.

Sebenarnya, masih banyak virus yang berbahaya. Tapi, disini saya hanya merangkum 4 Virus.

Terlebih, berhati-hatilah jika berselancar di internet, meminjam flashdisk dari teman, mendownload aplikasi dan membuka atau mendownload file dari email yang asing dan tidak diketahui. Bahkan, email yang sudah kita ketahui saja masih bisa menyebar virus. 

Salah satu pencegahannya ialah sering meng-update anti-virus, memakai firewall, tidak mendownload aplikasi yang tidak diketahui sumber pastinya. Dan, mematikan autorun.

..

Sekiranya, Terimakasih telah membaca artikel ini.
Mohon maaf jika ada kesalahan. Sampai jumpa di artikel berikutnya





Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

Post a Comment