Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (47) Kesehatan (4) Komputer (37) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Mengetahui Bahaya Keylogger

Post a Comment
Banyaknya ancaman malware dan virus di internet, mesti membuat kita lebih berhati-hati saat mengakses sebuah situs maupun menjelajah internet. Dengan berhati-hati saat berselancar di internet, kita dapat meminimalkan resiko data hilang maupun di curi oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Salah satu dari aplikasi yang berbahaya yang beresiko mencuri data kita ialah Keylogger. Mengapa demikian? Pada kesempatan [Hati-Hati di Internet] Kali ini kita akan membahas Keylogger! Ayo ketahui apa itu keylogger dan cara pencegahannya!

Mengenal Apa Itu Keylogger

Pengertian Keylogger adalah sebuah aplikasi yang merekam jejak data pada keyboard korban dan memberi akses data pribadi korban kepada peretas. Semua aktifitas yang terekam menggunakan keyboard, mulai dari pengetikan, data transanksi, maupun sebuah password pribadi akan terekam berdasarkan pengetikan di keyboard oleh orang yang terkena keylogger. 
Apakah Keylogger ini berbahaya?
Tentunya sangat berbahaya, karena dapat mengetahui data penting yang kita ketikkan pada keyboard kita sendiri. Data ini berupa password kartu kredit, password mbank ataupun password penting lainnya.

Bila saja software ini terinstall pada device kamu, maka kejadian perekam jejak itu akan terjadi.

Bagaimana Cara Keylogger Bisa Masuk ke Komputer?

Sama halnya dengan cara kerja virus, ransomware maupun malware. Cara keylogger bisa menginfeksi device kita bisa dengan :

  1. Mendowload aplikasi bajakan yang tidak jelas sumbernya.
  2. Menghindari mengakses situs yang berbahaya, dengan link yang tidak jelas.
  3. Menerima pesan/email aneh dan mencurigakan dari orang yang tidak dikenal? Hindari dan jangan meng-klik link yang mereka berikan.

Lalu, Bagaimana Kerja dari Keylogger Ini?

Cara kerja dari aplikasi ini ialah, saat kita mulai menginstall suatu aplikasi bajakan atau mengklik sebuah situs yang berbahaya maka software ini mulai terinstall secara otomatis tanpa sepengetahuan user (kita).

Setelah terinstall, maka aplikasi ini akan bekerja merekam pengetikan keyboard dan aktifitas kita pada internet (termasuk mengakses situs). Lalu, barulah data data perekaman jejak tersebut dirangkum dan akan diliat nantinya oleh peretas.

Bagaimana Cara Menghindari Keylogger?

Cara yang paling utama dan yang sudah umum diketahui oleh banyak orang ialah, :

  • Download-lah sebuah aplikasi yang jelas sumbernya dan pastinya dari website resmi aplikasi tersebut.
  • Jangan klik sembarangan link yang mengarah kepada phising, atau link yang dikirimkan oleh orang yang tak dikenal.
  • Memilih untuk tidak merespon link yang dikirm melalui pesan/surel dari orang yang tidak dikenal.
  • Menggunakan autentikasi dua faktor pada password
  • Menggunakan aplikasi anti malware guna mendeteksi apakah ada aplikasi keylogger yang terinstall pada device. 

Apakah Selamanya Keylogger Termasuk Aplikasi yang Berbahaya?

Tidak juga, keylogger juga digunakan sebagai salah satu aplikasi yang membantu pada lingkup pekerjaan kantoran dan juga mengawasi karyawan. Dan pada beberapa perusahaan lainnya dipergunakan untuk memecahkan masalah sistem. Bisa dianjurkan kepada orang tua dirumah untuk mengawasi anak-anak tercinta anda dalam penjelajahan internet. Sangat berguna bukan? jika tidak digunakan untuk hal yang illegal dan buruk.

Penutup
Dengan demikian, kita harus semakin ekstra berhati-hati dalam menjelajah internet. Dengan berkembangnya teknologi maka berkembang juga teknologi jahat yang selalu berada dimanapun berada. Adapun aplikasi yang demikian ternyata juga bermanfaat jika digunakanan dalam hal yang positif. Dan bisa sangat berbahaya jika digunakan dalam hal negatif. Bagaimana artikel dipronetz kali ini? Semoga membantu dan dapat memberi ilmu kepada pembaca semua, sekian terimakasih! sampai jumpa di artikel berikutnya!

Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment