Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (47) Kesehatan (4) Komputer (37) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Mengenal Apa Itu Cloud Computing?

Post a Comment

Cloud, mungkin beberapa kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah cloud tersebut. Cloud ini dikenal sebagai penyimpanan yang menggunakan internet untuk mengaksesnya. Termasuk pada penyimpanan database, server, dan jaringan.

Penyimpanan ini digunakan sebagai salah satu alternatif terbaik selain penyimpanan lokal yang mempunyai resiko hilang karena rusak atau corrupt. Hanya bermodalkan jaringan internet, kita bisa menyimpan data  secara aman dan tepat pada storage milik kita. 

Maka dari itu mari kita mengenal lebih dekat apa itu cloud computing dan apa saja sih contoh dari cloud computing itu?

Cloud Computing?

Secara lebih mendalam, Cloud Computing adalah sebuah ruangan virtual yang digunakan dalam penyimpanan data atau peng-inputan file, yang bisa diakses dari jarak jauh dan  saat menggunakan jaringan internet. Penyimpanan ini bisa diakses dalam bentuk publik dan private, jadi sangat fleksibel penggunaannya dan tentunya juga membantu dalam menyimpan file untuk keperluan kantor dan pekerjaan.

Apa saja pemanfaat dari Cloud Computing ini?

1. Email

Layanan email termasuk pada cloud computing, itu dikarenakan sifat email yang bisa menyimpan dan juga back-up pesan secara manual dan otomatis. Beberapa layanan email menawarkan sistem kerja dan mekanis yang berkaitan tentang cloud computing sekaligus mengakses layanan cloud secara langsung.

2. Penyimpanan

Sudah diketahui bahwasannya fungsi dari cloud kebanyakan ialah untuk penyimpanan data secara daring. Yangb bisa diakses kapanpun hanya bermodalkan internet. Penyimpanan ini pun beragam ukurannya dan mempunyai limit pula. Sama dengan penyimpanan lokal. Hanya saja, pada jasa cloud tertentu menawarkan penyimpanan yang berbeda-beda. Serta, harga yang berbeda pula jika ingin menambah penyimpanan.

3. Streaming
Cloud juga digunakan sebagai layanan streaming video ataupun musik, seperti halnya pada website yang menginput media player yang terhubung langsung pada cloud. Yang biasanya kalian temukan pada akses streaming video legal maupun non-legal.

4. Mengetes sebuah aplikasi

Cloud juga digunakan untuk mengetes aplikasi sederhana maupun berat, dengan demikian bisa dinilai sebagai tester untuk pengujian aplikasi.

Apa saja tipe cloud computing?

Ada 3 macam jenis cloud computing, tiga jenis ini berbeda karena jenis layanannya,

1. Software-as-a-service (SaaS)

Disediakan pada bentuk perangkat lunak maupun secara online (website), yang mempunyai beberapa layanan atau fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah pengguna. Bisa berbayar maupun tidak berbayar.
Contoh :
- Googledocs (secara daring)
- Microsoft 365 (berbayar untuk akses ke seluruh aplikasi) bisa disimpan dengan metode pilihan cloud.

2. Platform-as-a-service (PaaS)

Adalah sebuah layanan yang kompleks, karena bisa membentuk dan mengembangkan sebuah aplikasi milik kita sendiri, provider PaaS ini menyediakan penyimpanan yang biasanya besar, dan jaringan yang akan mempermudah ktia membuat atau menguji aplikasi milik kita. Intinya ialah, sebuah ruang virtual yang membuat kita bisa mengirim, menguji ataupun membuat aplikasi melalui internet.
Contoh :
- Google app engine yang terhubunga langsung akses google cloud dan juga memberikan akses scalable hosting milik google. 
- Heroku yang sering dijumpai atau ditemukan pada developer yang membuat atau menguji aplikasi nya. Tanpa disadari kita sering menggunakan aplikasi pada provider Heroku. Seperti receiptify spotify.

3. Infrastucture-as-a-service (IaaS)

Adalah sebuah layanan yang mempunyai bentuk insfraktruktur yang lengkap, yaitu server, storage, jaringan dan juga data center. Dengan mengirim file dari sistem operasional ke server penyimapanan data. Jadi bisa digunakan secara online tanpa aplikasi sekalipun.
Contoh : 
- Microsoft Azure yang sudah kompleks dan juga lengkap
- Amazon Web Service.

Mengapa Cloud Menjadi Alternatif yang Baik?

Karena sangat mudah diakses hanya dengan jaringan internet, dan juga sangat mudah digunakan. Dengan demikian, kita bisa mendownload, mengedit maupun mengupload file dengan mudah dan juga real-time. Hanya perlu mengingat sandi dan email untuk mengakses layanan cloud milik kita. Seperti Googledrive, dropbox, dan media cloud lainnya.

Selain itu lebih mudah melakukan update dan juga download file yang sudah hilang di penyimpanan lokal ataupun ingin dipindahkan pada gadget lainnya. Selain demikian, resiko kehilangan data juga lebih sedikit karena tidak adanya rusak/damage layaknya pada penyimpanan seperti hard disk atau flash drive.

Penutup
Bagaimana? Apakah kalian sudah mengenal apa itu cloud computing? Dan sudah tau contoh dan layanan dari jasa cloud ini? Sangat menguntungkan dan mudah, bukan? Maka dari itu, kalian bisa mengupload beberapa item yang banyak atau file yang berukuran besar sesuai batas penyimpanan cloud kamu. Dengan demikian hilanglah kecemasan akibat terjadi hal yang tidak diinginkan (seperti hilang) pada penyimpanan lokal. Sekian dan terimakasih sudah membaca artikel dipronetz kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

Post a Comment