Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (6) Game (7) Ilmu (45) Kesehatan (4) Komputer (35) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Ketahui! Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Upgrade RAM?

Post a Comment

RAM atau Random Acces Memory adalah salah satu komponen penting yang sering menjadi pertimbangan pada saat membeli laptop, hp maupun pada perakitan PC. Apalagi dengan seiring berjalannya waktu, beberapa aplikasi mulai berevolusi menjadi lebih berat dan juga lebih banyak memakan RAM. Tuntutan multitasking pun akan mempengaruhi kinerja RAM. Semakin banyak aplikasi yang digunakan dalam satu waktu, maka semakin keras RAM bekerja dalam proses penyimpanan data sementara. Maka dari itu perlulah penyimpanan RAM yang besar agar mempermudah proses multitasking antar aplikasi.

Dengan demikian, sebagian orang akan berminat untuk menambah atau mengupgrade RAM agar daya kerja pada PC mereka menjadi lebih cepat dan juga lebih leluasa untuk bekerja nantinya. Penambahan RAM ini bukan sekadar asal tambah saja, perlu diperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi kerusakan atau error pada saat setelah upgrade RAM tersebut.

Pada artikel kali ini, dipronetz akan membahas apa saja hal yang perlu diperhatikan pada saat upgrade RAM?

1. Budget

Budget menjadi faktor penting dalam upgrade RAM, perlu diperhatikan harga RAM itu sangat beragam dengan beberapa faktornya dari segi merk, harga, dan juga memori. Jika serasa budget memadai, barulah kita mencari RAM yang cocok dan pas untuk di upgrade nantinya.

2. Perhatikan slot pada laptopmu

Jika ingin mengupgrade RAM, penting juga melihat slot pada laptop kamu, apakah dual slot? ataukah sudah terisi 2 dari dual slot? Lalu, bagaimana cara melihat slot pada laptop? 

  • Buka Task Manager
  • Pilih menu Kinerja/Performance
  • Lalu klik bagian menu Memory
  • Silahkan cek slot RAM pada tulisan slots used, seperti gambar yang tertera pada gambar dibawah ini. 
    Disini tertera 1 of 2, yang artinya ada dua slot dan baru terisi satu slot dan bisa ditambah jika berminat nantinya.
3. Jenis RAM

Ketika hal tiga diatas sudah diketahui dan diperiksa secara teliti dan cermat, maka langkah berikutnya kita harus mengetahui jenis RAM yang akan kita upgrade. Perhatikan jenis RAM dan DDR (Double Data Rate) dari slot RAM tersebut. Pastikan membeli DDR yang sama versinya agar dapat digunakan.

4. Membeli merk RAM yang sama

Setelah mengetahui jenis RAM, kita juga harus lebih baik mencari merk RAM yang sama dengan slot RAM satunya. Ini diupayakan agar RAM berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Karena pada setiap merk RAM, komponen chip dan rangkaian nya berbeda-beda.

5. Sistem Operasi

Perlu juga mengetahui jenis sistem operasi apa yang digunakan, ketahui dulu pc kamu memakai sistem 32-bit atau 64-bit agar tidak salah saat mengupgrade RAM nantinya. Hal ini berguna agar kamu bisa menambah kapasitas RAM yang lebih besar bila PC kamu termasuk golongan tipe sistem operasi 64-bit.

6. Jangan pernah membeli RAM tanpa kemasan

Makanan ataupun barang yang tanpa kemasan akan rentan rusak ataupun mudah kotor, begitupula RAM. Meskipun ditawarkan di pasaran dengan merk ternama tetapi tanpa kemasan maupun bungkus yang memadai. Lebih baik tolak dan membeli RAM yang jelas tempat dan asalnya. Hal ini akan berpengaruh kepada proses listrik statis pada RAM ataupun kerusakan chip pada RAM yang berakibatkan corrupt.

Dengan demikian tips diatas bisa membantu kamu untuk lebih teliti dalam mengupgrade RAM pada laptop dan PC kesayangan kamu, dan juga lebih tau apa saja yang diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada kemudian hari.

Penutup
Bagaimana? apakah tertarik untuk mengupgrade RAM? atau langsung lembiru laptop dengan spek gahar?  Semua itu tergantung kebutuhan dan keinginginan dari pribadi masing-masing. Terimakasih sudah membaca artikel dipronetz kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment