Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Apa itu FTP? Dan Cara Penggunaan FTP pada Transfer HP ke PC!

Post a Comment


 Seperti yang kita ketahui, beberapa cara pengiriman data kini sangat beragam. Mulai dari bluetooth, pemindahan dari flashdrive, menggunakan kabel data, ataupun menggunakan sistem cloud dan juga bisa menggunakan jaringan lokal. FTP atau juga bisa disebut File Transfer Protocol adalah salah satu sistem pengiriman data yang berbasis pada jaringan.

FTP ini adalah sebuah protokol yang melakukan pertukaran data dalam suatu jaringan koneksi bernama TCP (Transmission Control Protocol). Protokol FTP ini adalah protokol yang sama dengan HTTP, HTTPS ataupun XMPP.

Sistem pada FTP sangatlah sederhana, seperti pada dua perangkat yang ingin berbagi data. Maka pada satu perangkat bertindak sebagai server dan perangkat lainnya bertindak sebagai client. Dua perangkat ini bisa diakses jika dalam jarak berjauhan, tetapi masih dalam satu jaringan yang sama. Misalkan pada suatu jaringan Wi-Fi. FTP bisa digunakan pada transfer file antar, Android dan PC, lantas bagaimana cara penggunaan FTP dari HP ke PC?

Bagaimana Cara Kerja Transfer Data HP ke PC Menggunakan FTP?

Hal penting dan yang paling utama ialah antara HP dan PC yang akan digunakan dalam transfer data harus dalam satu jaringan yang sama. Jika demikian, maka baru bisa melakukan transfer menggunakan protokol FTP.

Pada tutorial kali ini, saya menggunakan versi android 10, yang sudah mendukung transfer file FTP langsung dari file manager (tanpa aplikasi pihak ke-3). Lalu bagaimana caranya?

Transfer FTP (Windows 10)

1. Buka file manager pada hp kamu, klik garis tiga pada pojok kiri.


2. Kemudian pilihlah menu FTP


3. Muncullah menu seperti ini, tinggal kalian pilih mulai/start. Lalu barulah muncullah dua pilihan, yaitu portable (tidak aman) dan dilindungi oleh sandi.


4. Disini saya menggunakan menu Portable (tidak aman) jika ingin menggunakan sandi agar lebih aman dalam transfer data, kamu bisa menggunakan menu Dilindungi oleh sandi yang akan memunculkan 2 form username dan sandi, yang akan muncul ketika anda sudah usai mengetik sebuah alamat di PC nanti.

5. Barulah muncul server jaringan yang akan di gunakan, dan kita akses melalui PC. alamat server yang tertera ini lah yg akan menjadi alamat menuju akses file HP pada PC.

6. Buka File Explorer, mulailah mengetik alamat server yang tertera pada HP seperti pada contoh dibawah.



7. Selesai! Transfer file FTP siap digunakan!
Lantas, Bagaimana Dengan Windows 7?

Semua tatacara hampir sama tidak ada perbedaan sama sekali. Mulailah mengetik kembali alamat server yang tersedia pada HP ke PC.



2.  Setelah selesai, maka muncullah folder dari HP kamu!



Jadi bagaimana? sangat mudah dan praktis, bukan? FTP ini juga mempunyai beberapa kelebihan, apa saja kelebihan FTP?

Kelebihan FTP
  • 1. Lebih ringkas dalam mentransfer file dalam jumlah yang banyak.
  • 2. Selain daripada file, FTP mampu dipergunakan dalam pertukaran informasi pada antar PC.
  • 3. Bisa melakuan backup pada sistem suatu website.

Penutup
Dengan demikian perpindahan file antar HP ke PC sangatlah lebih mudah, dan pastinya FTP juga sangat fleksibel jika digunakan dalam proses perpindahan file pada antar gadget. Adanya beberapa macam cara dalam transfer file ini memberikan kemudahan pada setiap pekerjaan. Jika malas menggunakan kabel data ataupun tidak mempunyai driver bluetooth pada laptop (beberapa laptop tertentu tidak mempunyai driver bluetooth) FTP adalah solusi terbaik selain penyimpanan cloud yang memungkinkan mengakses melalui internet yang aktif. Sekian terimakasih telah membaca artikel dipronetz kali ini, sampai jumpa dia artikel berikutnya!

Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)
Newest Older

Related Posts

Post a Comment