Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

5 Perintah CMD yang Berguna dan Harus Kalian Tau!

Post a Comment
CMD atau Command Prompt adalah salah satu software yang sangat berguna. Kita bisa melakukan perintah dengan menggunakan Command Prompt. Mulai dari mengecek jaringan, dns, server, shutdown komputer. dll

Tapi, perintah Command Prompt paling banyak diketahui adalah ping. Lalu bagaimana perintah Command Prompt yang lainnya selain ping?



1. Ping.

Seperti bahasan saya yang sebelumnya tentang mengenal ping bisa diklik disini untuk pembahasan tentang ping.
Rincinya, Ping adalah perintah untuk mengecek apakah jaringan kamu udah terhubung atau tidak.

2. Systeminfo

Sama seperti nama perintahnya yaitu systeminfo. Perintah ini menampilkan rincian konfigurasi dari laptop/komputer kalian. Rincian ini hampir sama saat kita mengetahui spefikasi melalui dxdiag bisa klik disini. Tetapi lebih sedikit terperinci dan lengkap.

3. tasklist

Sama seperti taskmanager, perintah tasklist digunakan untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan atau sedang aktif.

4. ipconfig

Perintah ipconfig ini digunakan untuk mengetahui konfigurasi ip komputer kalian.

5. tracert


Tracert atau traceoute adalah suatu perintah CMD untuk mengetahui rute yang melewati untuk mencapai tujuan. Rute ditampilkan dengan beberapa lompatan/hop router mana saja yang dilewati. Disini saya menggunakan tracert ke blogger.com.


Beberapa perintah CMD diatas adalah perintah dasar yang harus kamu ketahui, sebenarnya ada beberapa lagi perintah dasar atau perintah penting yang harus diketahui di CMD.
Perlu diketahui, CMD banyak membantu dalam program dan perintah di komputer, maka dari itu berbagai referensi perintah CMD lain bisa kalian cari di google dan memahaminya.

Sekian, terimakasih sudah membaca artikel di Dipronetz, sampai jumpa di artikel berikutnya.
Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

Post a Comment