Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (6) Game (7) Ilmu (35) Kesehatan (4) Komputer (25) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

5 Tingkatan Keamanan Wi-Fi

1 comment

Setiap orang pasti sangat membutuhkan internet di era ini, ada yang membeli kuota data internet, memakai jasa internet gratis, nebeng wi-fi tetangga, hotspot teman dan memasang wifi sendiri. 

Dalam keadaan yang tak memungkinkan, kita bisa memakai wifi umum yang berada di sebuah tempat umum. Contohnya pada bandara, restoran, atau mall. Ngomong-ngomong tentang wifi umum, apakah wifi umum itu aman? Ya pasti kurang aman, karena itu adalah wifi umum, yang artinya ada pihak ketiga yang ikut menyertai jalur lalu lintas internet tersebut. Lalu, apa yang dibahas pada artikel kali ini?

Artikel kali ini membahas tentang 5 TINGAT KEAMANAN WI-FI apa saja itu?


Penasaran? Berikut ini adalah tingkatan WIFI dari yang terendah menuju tertinggi!

1. Open Network ( No Security at All )


Open Network bukan open BO, Open Network berarti terbuka, jadinya protokol ini sangat bebas dan tanpa ada protokol keamanan. Jadinya sangat rentan dan sangat mudah diretas karena minim atau tidak ada keamanan yang memadai, jadi mestinya kalian harus lebih berhati-hati, ya.

2. WEP ( Wired Equivalet Privacy ) / Shared Key Authentication


Di nomor dua dari lima tingkatan ini, diisi oleh WEP atau Wired Equivalent Privacy. WEP jenis security yang sudah agak lama. Dan, masih mudah di retas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

3. WPA ( Wi-Fi Proctected Acces )



Di peringkat ketiga dari bawah ada WPAWPA ini didesain oleh komponen yang disebut TKIP ( Temporal Key Integrity Protocol ) yang diganti menjadi AES ( Advanced Encryption Standart ). WPA dibuat karena masih banyak kekurangan dan kelemahan pada sistem WEP . Sistem WPA nyatanya masih bisa diretas oleh tangan-tangan nakal peretas. 

4. WPA 2 


Nah, sebelumnya ada WPA, dan terjadilah sedikit perombakkan yang melahirkan WPA2. Peningkatan ini membawa pengamanan yang lebih kuat dari sebelumnya. yaitu pengaman algoritma AES dan CCMP (Counter Cipher Mode with Block Chaining Message Authentication Code Protocol ). 

5. WPA 3


Terakhir ialah WPA 3, sebuah anak baru setelah WPA2 lahir. WPA3 dibuat dengan harapan memperbaiki beberapa kekurangan yang ada dalam WPA2. Munculnya WPA3 ini akan siap menggantikan kinerja WPA2 yang sekarang masih banyak dipakai pada sektor per-wifian. Karena dirasa aman dan hasil peningkatan dari WPA2 dan kedepannya akan siap untuk diluncurkan dan dipakai untuk kepentingan dan keamanan bersama.

Nah, bagaimana? Tingkatan Wi-Fi mana yang sering kamu temui? Mungkin untuk saat ini, WAP2 paling banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. 

Yang paling penting dari itu semua kalian harus tetap waspada dan jaga-jaga ketika memakai Wi-Fi umum. Sebisanya jika ada transanksi uang virtual (CC, Data Virtual Pay) usahakan jangan memakai wi--fi umum, ya teman sekalian. Lebih baik menggunakan koneksi internet sendiri.

Terimakasih sudah membaca artikel dari Dipronetz kali ini!

Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

1 comment

Post a Comment