Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

[HATI-HATI DI INTERNET] MODUS PENIPUAN STEAM TERBARU!

Post a Comment

Beberapa tahun lalu, saya sempat menerbitkan artikel tentang scam akun steam yang awalnya merupakan dari phising. Kali ini, saya menemukan jenis penipuan terbaru dari seseorang yang mengaku telah di tipu oleh orang lain.

Kasus ini telah lumayan banyak dialami oleh pengguna discord, karena cara kerja kali ini adalah menipu pengguna discord yang menautkan akun steamnya ke profile discord. Mengapa? Itu akan saya jelaskan di cara kerjanya dibawah ini!

Bagaimana mengetahui bahwa itu penipuan?
Para penipu mencari target yang mempunyai kaitan akun steam di profile discordnya, termasuk akun profile saya.
Mula-mula, penipu akan mengirim pesan, bertanya tentang "apakah kamu sibuk?" "Apakah kamu bisa menolongku?" 
Dalam beberapa kasus, mereka menggunakan kalimat yang membuat kita bingung dengan menggunakan kata kata "ini adalah informasi penting" dan "Jangan abaikan ini, sangat penting!"

Apa yang terjadi selanjutnya?
Penipu akan mengirim link profile kita, berpura-pura menanyakan "Apakah ini adalah akun steam milik mu?"

Dia pun bercerita. Bahwa, ia telah ditipu oleh seseorang yang mempunyai nama dan profile yang sama seperti akun milik kita. Sunggug aneh jika ada orang yang mempunyai akun yang sama persis dengan milik kita. Maka dari itu, saya langsung curiga dan "oh ini penipuan".

Pelaku mengirim sebuah screenshoot feedback dari layanan pengaduan.
Pelaku mengaku bahwa ia telah me-report akun kita karena ia kira kita adalah pelaku dari scam yang ia alami tadi. Karena merasa bersalah, ia mengirim sebuah screenshoot berupa feedback dari team steam.
Screenshoot itu menyuruh agar kita menghubungi seseorang sebut itu Nathan Nuber, seseorang yang mengaku support dari tim steam. Saya pun mencoba mencari username tersebut, ketika dicari kok rasanya seperti ada yang aneh. Profile dari Nathan tidak menunjukkan ciri khas moderator. Tidak ada badge khusus di profile.

Dan saya semakin yakin, itu adalah scam.

Akhir dari itu.
Si penipu menyuruh kita untuk menghubungi Nathan (Kontak di screenshoot atas), agar bisa membatalkan report pengaduanmya tadi supaya akun kita tidak ter-banned dari steam. Dia akan terus memaksa untuk menghubungi Nathan. Meresahkan sekali, iya kan?

Lalu, bagaimana cara mengatasi scam ini?
Hal yang paling aman dan mudah ialah membatasi pengiriman pesan hanya kepada teman di discord saja. Atau membiarkan pesan dari strangers aneh dan mencurigakan. Jangan lupa s
elalu jeli dan hati-hati terhadap segala bentuk link yang dikirim oleh orang lain.

Penutup
Kasus scam ini sudah saya temui di beberapa forum "scam steam" di reddit, dan sangat terbukti ini adalah scam. User bernama Nathan tadi akan mengirim beberapa link yang jika kita menerimanya maka alamat ip kita akan ke banned. Sungguh bahaya, bukan?

Jadi, selalu berhati-hati jika berselancar di internet. Apalagi seorang strangers yang tiba-tiba mengirim link aneh dan tidak tau asal-usulnya. Tingkatkan kewaspadaan untuk menghindari hal yang tidak di-inginkan. Sekian, terimakasih sudah membaca artikel dipronetz kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

Post a Comment