Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Cara Aman Menggunakan Wifi Pubik

Post a Comment

Jika bertanya, sudahkah kamu singgah di tempat umum? Sudah pasti pernah dong. Entah itu bandara, terminal, rumah makan dan tempat umum lainnya. Di tempat umum ini, kita juga menemui sebuah akses wifi publik. Atau wifi yang disediakan gratis dan bebas digunakan untuk publik.

Bagi beberapa orang, wifi publik ini sangat menguntungkan. Apalagi bagi yang tidak mempunyai kuota di hpnya. Atau orang yang ingin sekadar menghemat penggunaan data internetnya. Tapi, taukah kamu? jika penggunaan wifi publik ini harus berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Contoh paling umumnya ialah kebocoran data pribadi.

Lalu, bagaimana langkah aman untuk mengakses wifi di tempat umum/publik?
Artikel kali ini dipronetz akan menyajikan cara aman menggunakan wifi publik, lalu apa sajakah itu?

1. Akses situs website yang menggunakan "Https"
Seperti yang kita ketahui, Https adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Yang berarti situs ini aman dari akses pihak ke tiga. Karena mempunyai keamanan. Ciri dari situs https ialah ada icon gembok disamping kirinya. 

2. Hindari akses data pribadi
Jangan sesekali membuka data pribadi kamu saat memakai wifi publik, seperti membuka akun mobile bank, aplikasi e-money.

3. Menggunakan VPN
Gunakan VPN (Virtual Private Network) juga dianjurkan saat mengakses internet menggunakan wifi publik, kamu bisa menggunakan aplikasi vpn untuk mengeksripsi pertukaran data.

4. Jangan mengaktifkan sambungan Wi-Fi otomatis
Jika sudah pernah memakai wifi ditempat umum. Segera lupakan sambungan agar tidak otomatis tersambung di lain hari. Dan juga, ubahlah pengaturan untuk tidak mengaktifkan sambungan wifi otomatis kepada sambungan wifi tanpa sandi.

5. Tidak login di beberapa website
Hindari login di beberapa apliaksi yang memerlukan password dan email, karena beresiko untuk dicuri dari pihak ketiga. Jika bosan, kamu bisa mengakses website yang bisa menggunakan mode tamu. Seperti quora, kaskus, dan beberapa artikel blogger. Untuk sekadar membaca dan menghilangkan rasa bosan kamu.

Jadi, bagaimana?
Apakah kamu sudah pernah melakukan langkah diatas? atau baru tau teknik aman menggunakan wifi umum? 

Penutup
Terimakasih sudah membaca artikel dipronetz kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Dan, mohon maaf jika ada kesalahan kata di artikel ini. Sampai jumpa di next artikel!
Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

Post a Comment