Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Hal Hal Aneh yang Terjadi Pada Otak

Post a Comment
Otak adalah bagian paling penting dalam hidup kita, karena di otak terdapat susunan syaraf syaraf yang menjadi pusat utama dalam kehidupan.

Otak adalah bagian paling rawan jika terkena benturan keras, maka dari itu para pengendara dihimbau memakai pelindung kepala agar otak terhindar dari benturan keras.

Ngomong soal Otak pasti kalian pernah merasakan hal seperti De Javu. De Javu adalah hal unik yang terjadi pada otak kita. Masih banyak hal unik yang terjadi pada otak kita.


1. Deja Vu
Peristiwa otak satu ini pasti sering anda alami Deja Vu, Deja Vu sendiri artinya adalah fenomena merasakan sensasi kuat bahwa apa yang pernah kita lihat pernah terjadi dimasa lalu. Contoh kecilnya ketika kita pernah melihat hal yang tak asing bagi kita dan ternyata kita pernah memipikan hal tersebih dahulu.
Atau, saat kamu berada di suatu tempat atau mengalami suatu persitiwa, kamu sangat yakin pernah berada di tempat itu sebelumnya, atau pernah melihat hal itu sebelumnya. 
Lalu apakah Dejavu itu baik bagi psikologis?.
Sebenarnya sah sah saja jika kita mengalami Deja Vu. Tapi jika diiringi dengan Halusinasi yang berlebihan maka itu termasuk suatu ciri penyakit neurologis atau psikiatris.

2. Jamais Vu
Pasti kalian rada asing dengan namanya Jamais Vu ini, Jamais Vu ini ialah kebalikan dari Deja vu. Apa itu Jamais Vu ? Jamais Vu adalah kondisi dimana kita merasakan hal yang baru sekali terjadi. Padahal sebelumnya kita pernah melakukan hal tersebut. Contoh kecilnya : Jika kamu pergi kerumah kerabat orang tua mu dulu, kamu merasa seperti tidak mengenali lingkungan disekitarnya. Padahal kamu sudah pernah mengunjungi tempat tersebut. Adapula Jamais Vu sering dikaitkan dengan penyakit medis, seperti Amnesia dan Epilepsi

3. Microsleep
Pada dasarnya, Microsleep sangat lumayan sering terjadi. Jadi, apa itu Microsleep? Microsleep adalah suatu kejadian yang dimana kita merasakan kehilangan kesadaran karena merasa lelah atau mengantuk. Microsleep hanya berdurasi singkat yaitu 1detik-2 menit lamanya. 
Seseorang yang mengalami Microsleep tidak akan sadar bahwa mereka tertidur atau dalam proses tertidur. Keadaan ini ditandai oleh mengedipkan mata berkali kali-bahkan seperti mengangguk. Hal ini menyebabkan anda dapat lupa apa yang anda ingat sebelumnya. Akibat dari Microsleep ini kebanyakan orang akan merasa segar dan lebih fresh. Kondisi ini banyak dialami oleh para pelajar dan orang yang melakukan kegiatan yang monoton. Sederhanyanya Microsleep terjadi saat kondisi otak kita dalam masa mode istirahat sedangkan tubuh kita masih terjaga. Akibatnya otak tidak bisa bertahan dan dalam kondisi menjaga.
Microsleep terjadi karena kebiasaan tertentu, seperti begadang, shift malam, dan gangguan tidur

Jadi, dari tiga hal diatas apakah kalian sering mengalaminya? 
Hal tersebut sangat wajar dialami bagi manusia, hanya saja jika berkepanjangan akan menjadi lebih berbahaya dan harus dikonsultasikan pada tenaga medis.

Sekian artikel saya, semoga dapat membantu.
Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

Post a Comment