Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (6) Game (7) Ilmu (35) Kesehatan (4) Komputer (25) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

32-Bit 64-Bit Apa Perbedaanya?

Post a Comment
Windows adalah salah satu OS yang banyak digunakan di Indonesia, Berbagai kalangan sudah mengerti tata cara penggunaan OS Windows. Windows sudah banyak melakukan update terhadap sistemnya, mulai dari sistem pertama windows yaitu Windows 0.1 sampai sekarang yaitu Windows 10.

Adapun Windows terbagi atas dua basis sistem, yang pertama 32-Bit dan yang kedua 64-Bit, Lalu apakah perbedaan dari kedua basis sistem tersebut? apakah memperngaruhi banyak aspek?

Artikel kali ini saya akan membahas perbedaan dari kedua basis sistem tersebut. Tapi, pertama tama jika kalian belum tau bagaimana cara untuk mengecek basis sistem kalian, Kalian bisa ikuti tata cara berikut ini :
  • Start > Search Programs and Files > Run > Dxdiag
  • Control Panel > All Control Panel System > System
Setelah itu kalian bisa tau basis sistem kalian 32-bit atau 64-Bit. Adapun disana tertera jelas spefikasi dari laptop/komputer kalian.

1. Performa Perangkat
Bagaimana perbedaan kedua basis sistem ini dari segi Performa Perangkat? Sebaiknya kedua perbedaan basis ini ditentukan dari Processornya, Apabila dibandingkan Windows 64-Bit Bahkan jauh lebih unggul dari 32-Bit. Itu dikarenakan, teknologi 64-Bit bisa dibilang Baru daripada 32-Bit. Dari sini, Windows 32-Bit mampu menjalankan aplikasi yang tidak terlalu berat dan ringan. Adapun 64-Bit yang bisa menjalankan aplikasi berat seperti edit video, game, grafis. Apalagi didukung processor yang memumpuni

2. Ram
Bagaimana jika dilihat dari sisi RAM Atau Random Acces Memory? Kapasitas Ram yang dibutuhkan basis sistem 32-Bit Lebih kecil dibandingkan dengan 64-Bit. Berbeda dengan Windows 64-Bit yang berkapasitas lebih banyak dari 32-Bit. dan, kapasitas maksimal Ram dari 64-Bit ini tergantung dari processor laptop dan komputer kalian.

3. Kemampuan Memproses Data



Jika kalian ketahui, 32-Bit dan 64-Bit mewakili jumlah data yang diproses dalam satu putaran. Mengapa demikian? Ketika 32-Bit melakukan satu kali proses, maka data yang diproses sebesar 32-Bit Pula, demikian 64-Bit juga seperti itu

4. Software

Software atau perangkat lunak adalah salah satu bagian dari perbedaan dari kedua basis sitem tersebut, karena pada sistem 32-Bit tidak mampu menjalankan software dari 64-Bit. Tetapi Windows 64-Bit bisa menggunakan software untuk basis sistem 32-Bit. Dari sisi ini 64-Bit juga terlihat lebih unggul.

Adapun  kelebihan dan kekurangan yang kita ambil dari kedua basis sistem ini, keduanya sama sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu, ketika mau membeli software / menginstall software, perhatikan terlebih dahulu adakah download untuk versi dari 32-Bit dan 64-Bit. 

Itulah sedikit perbedaan antara Windows 32-Bit dan 64-Bit. 
Maka dari itu cek dahulu spefikasi laptop dan komputer kita, Beberapa hal diatas memang harus diperhatikan. Maka dari itu sampai jumpa di atikel saya selanjutnya.



Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

Post a Comment