Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (3) Game (5) Ilmu (27) Kesehatan (4) Komputer (13) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (15) Trik (13) tutorial (8)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Mengenal UI dan UX

1 comment
Kita pasti pernah terpukau dengan cantiknya sebuah tampilan interface pengguna di aplikasi ataupun website. Dengan sentuhan gaya minimalis, flat design, monokrom membuat banyak sentuhan gaya visualisasi pada aplikasi dan website.

Lalu, bagaimana mereka menciptakan sebuah visualisasi yang indah terhadap tampilan website mereka? dan, bagaimana cara kerja website dan aplikasi tersebut?
Dibalik indahnya visualisasi tampilan yang terlihat oleh mata pengguna, terdapat beberapa elemen penyokong untuk menciptakan indah dan menariknya tampilan tersebut, 

Adapun UI dan UX yang saling bekerja sama dalam membuat suatu visualisasi dan proses sistem berjalan sempurna. Mereka adalah kesatuan yang saling bekerja sama demi terjalannya suatu proses dan visualisasi aplikasi dan website.

Apa itu UI?

UI apakah itu Universitas Indonesia? Iya, tetapi UI disini bukan berarti Universitas Indonesia. Melainkan User Interface Design atau bisa disebut Desain Antarmuka Pengguna.

UI mendesain sebuah desain antar muka seperti aplikasi, website, game dll. UI membuat sebuah desain tata letak, tombol menu, teks gambar, animasi atau yang berhubungan langsung dengan pengguna. 
Seorang desainer UI harus pandai dalam menata dan mendesain suatu interface, tujuannya bukan lain untuk memanjakan mata pengguna. Dan memperindah tampilan. Mereka juga harus memperhatikan komponen dan kondimen apa yang pas untuk desain visualisasi aplikasi atau websitenya. Entah itu font, animasi, atau tata letak suatu desain. 

Beberaapa aplikasi sekarang mulai mengubah tampilan antarmuka penggunannya dengan mode yang lebih minimalis dan juga memakai teknik flat design yang terkesan simpel.
Beberapa aplikasi juga memilih warna dominan putih yang merujuk kepada hal simpel, dan mudah dipadukan dengan warna lain,

*salah satu contoh desain UI dari Dipronetz

Jika kamu ingin mencoba membuat suatu desain UI, beberapa website juga bisa kamu jadikan referensi, diantaranya adalah Dribble.com, Pttrns.com dll

Apa Aplikasi yang dipakai untuk mendesain UI?

Seri Adobe bersaudara memang patut diacungi jempol, Adobe banyak membuat berbagai jenis aplikasi yang memudahkan kita dalam mengerjakan tugas kita, entah desain, writting atau dokumen.
Beberapa seri Adobe yang bisa dipakai dalam mendesain UI ialah;

1. Adobe XD ( masih anget )
2. Adobe Photoshop
3. Adobe Illustrator

Mockplus bagi kalian yang mau simpel dan menyediakan berbagai template untuk kita~

Axure.RP ini sangat rekomendasi bagi kalian yang hanya ingin tinggal drag-drop saja. Belum lagi fitur yang sangat easy to use, nambah asiq-asiq untuk para pemula.

Justinmind juga termasuk aplikasi untuk mendesain UI/UX tersedia di platform Windows dan MacOS.

Apa itu UX?

UX atau User Experience Design juga selalu memperhatikan komposisi desain. Dan membuat pengguna menjadi lebih easy to use aplikasi yang mereka pakai.
Intinya, UX adalah pekerjaan yang dimana dituntut memudahkan sebuah aplikasi itu bekerja, memudahkan para user dalam mengakses aplikasi.
Dan juga UX harus membuat para pengguna merasa puas akan layannan dari website/aplikasi tersebut.


Akhir kata.
Bagaimana, apakah kalian semua sudah tau apa itu UI dan UX?. Mereka adalah suatu kompenen yang saling bekerja sama yang menciptakan suatu aplikasi dan website yang membuat pengguna menjadi mudah dan senang dalam menggunakan website/aplikasi tersebut.

Sekian, artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya~



Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan "tiga" idol grup, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Follow by Email