Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (3) Game (5) Ilmu (27) Kesehatan (4) Komputer (13) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (15) Trik (13) tutorial (8)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Perbedaan ZIP dan RAR

Post a Comment
Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang banyak sekali beraneka ragam macam jenis file. Entah itu dalam grup dokumen, foto, video, atau berkas. Nah diantara grup tadi, didalamnnya beraneka ragam jenis ekstensi yang sudah kita ketahui atau yang masih asing bagi kita. Salah satunya group foto, kita sangat familiar dengan file ber-format JPG, JPEG, PNG . Tapi, apakah pernah mendengar file BMP, TIFF? Pasti rada asing iyakan?



Nah, Jadi selain beberapa ekstensi file diatas. Kita akan membahas bedanya antara .zip dan .rar. Hm, mungkin bagi kalian kedua file ini sama saja. Kenapa? Ya sama sama di-ekstrak. oleh aplikasi tertentu atau bisa langsung. Ya, keduanya memang hampir sama tapi tidak berarti sama~.

Artikel Dipronetz kali ini akan menyajikan perbedaan antara .zip dan .rar, wah apa sajakah itu?
Baik, kita mulai dari ZIP terlebih dahulu.

1. ZIP

ZIP adalah jenis file kompresi paling populer di internet. Tidak lain dan tidak bukan karena, ZIP ini sangat mudah untuk digunakan daripada RAR, loh, kenapa demikian?

  • Gak perlu pakai aplikasi buat estrak.
    Format ZIP adalah format yang sangat mudah diakses, karena format ini tidak butuh aplikasi khusus untuk meg-ekstrak filenya. Seperti WinRar atau di HP Zarchiver.
  • Proses untuk kompres file lebih cepat
    Kelebihan ZIP yang berikutnya ialah, proses untuk mengkompres file sangat cepat. Tapi, apa itu kompres? Jadi, ketika kamu ingin menggabungkan beberapa file dan ingin dijadikan satu file. Atau ketika kamu ingin mengecilkan suatu file yang sizenya lumayan besar.
  • Limit kompress sedikit
    Sayangnya, limit kompress dari ZIP ini terbatas dan tidak sebanyak RAR.

2. RAR

Tak kalah dari ZIP, ekstensi file jenis RAR ini juga banyak diminati oleh orang-orang. Terus, apa perbedaanya dengan ZIP?

  • Perlu aplikasi untuk membuka dan mengestrak file
    Berbeda dari ZIP yag easy to use, RAR butuh aplikasi lain untuk membuka file yang berada didalamnya. Kalian bisa menggunakan aplikasi Winrar ( PC ) atau ZArchiver (HP).
  • Proses kompresi lebih lambat
    Jika proses ZIP dikenal lebih cepat, maka RAR sebaliknya. Itu diupayakan agar file terkompres dengan baik dan berkualitas. Tapi, bukan berarti ZIP membuat file kompresan menjadi lebih jelek ya. Kualitas kompresan ZIP juga bagus, kok.
  • Limit kompress lebih besar
    Limit kompres pada RAR lebih unggul daripada ZIP. Karena bisa mengkompress file bersize besar.
  •  

Jadi, bagaimana? Apakah kalian sudah tau perbedaan dari ZIP dan RAR? Nah, ternyata berbeda yaa.
Memang serupa dan tidak sama. Kelebihan dan kekurangannya pun juga ada. 

Ok, sekian terimakasih telah membaca artikel Dipronet kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya~
Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan "tiga" idol grup, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email