Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Fitur Keunggulan dari WhatsApp dan Telegram, Mana yang Lebih Kamu Suka?

15 comments

 Di kemajuan teknologi sekarang, kita sangat dipermudah berkomunikasi dengan seseorang menggunakan beberapa aplikasi chatting yang mampu terhubung oleh siapa saja dan oleh kapan pun, kecuali saat tidak ada sinyal atau tidak ada kuota internet.

Banyak sekali pilihan aplikasi chatting yang bisa kita gunakan, beberapa diantara lain yaitu whatsapp dan telegram. Kedua aplikasi chatting ini sangat populer dikalangan remaja dan orangtua. Adapun beberapa fitur keren yang kedua aplikasi ini sajikan untuk para penggunanya, salah satunya bisa diakses melalui web/browser.


WhatsApp dan Telegram adalah kedua aplikasi yang populer dari beberapa aplikasi chatting lainnya, kemudahan dan fitur dari kedua aplikasi itu sangat banyak disukai para pengguna. Lalu, apa sajakah fitur unggulan kedua aplikasi ini?

Telegram
Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun belakangan ini telegram menjadi aplikasi chatting yang populer dikarenakan privasi yang sangat tinggi serta banyaknya bot asik yang sangat menyenangkan! 
Lalu, apa sajakah fitur keunggulan dari telegram?
  • Berbagai macam Bot
    Telegram mempunyai fitur yang sangat keren, salah satunya ialah bot. Berbagai macam jenis bot dapat kita gunakan untuk beberapa keperluan lainnya. Telegram mendukung fitur pembuat bot yang sangat mudah di-aplikasikan untuk bot dasar
  • Fitur Web Telegram
    Telegram juga bisa diakses melalui web tanpa harus mendownload aplikasi. Berbeda dari fitur webwhatsapp yang harus terkoneksi/mempunyai sinyal yang cukup di hp untuk mengakses whatsapp web di browser. Telegram mampu mengakses web telegram jika hp mati.
  • Video call hanya maksmal 2 orang
    Beberapa aplikasi seperti line dan whatsapp sudah memperbarui fitur video chat menjadi lebih dari dua orang, sedangkan telegram sekarang masih menggunakan video call berjumlah maksimal dua orang, itu tidak masalah. Tapi, kedepannya mungkin telegram akan meng-update fitur ini, atau juga mungkin telegram akan tetap menetapkan fitur ini dengan maksimal dua orang saja.
  • Batas kirim file yang lumayan besar
    Salah satu keunggulan telegram ialah mampu mengirim file yang berukuran besar, telegram mampu mengirim file yang berat filenya mencapai 1GB lebih!
  • Fitur Channel yang Sangat Berguna
    Channel di Telegram adalah suatu fitur yang sangat asik, kita bisa mengakses channel yang kita sukai. Bisa itu channel untuk hobi, belajar, komunitas dan lain-lain. 
  • Privasi yang sangat ampuh!
    Tak bisa dipungkiri lagi, telegram dikenal dengan sistem privasi yang sangat ketat. Maka dari itu beberapa orang lebih nyaman menggunakan telegram untuk mendapat privasi yang lebih baik.
  • Fitur chat sebelumnya 
    Maksud dari fitur ini, kita masih bisa mengakses beberapa chat atau file yang dikirim oleh seseorang melalui channel/grup telegram walaupun kita baru masuk channel tersebut.
  • Fitur emoji bergerak telegram
    Telegram menawarkan emoji bergerak yang lucu. Beberapa emoji bisa bergerak ketika kita mengirim di ruang obrolan. Salah satunya ialah buah peach.
  • Fitur foto profil
    Fitur ini cukup disukai oleh beberapa orang, karena kita bebas memilih beberapa foto profil kita yang berbeda-beda. Serta ada editan bawaan yang sangat asik dan bisa di kreasikan dengan foto profilmu, adapun kita bisa memilih foto bergerak (boomerang) untuk dijadikan sebagai foto profil!
  • Fitur hapus pesan
    Fitur hapus pesan ini berbeda dari whatsapp, jika whatsapp hanya menghapus pesan hanya untuk diri kita sendiri. Berbeda dengan telegram yang mampu menghapus chat dengan sesama lawan chatting!
WhatsApp
Meskipun fitur telegram yang sangat beragam dan unik, tetapi sebagian orang lebih memilih menggunakan whatsapp, kenapa demikian? Karena itu adalah pendapat masing-masing. Lalu, apa saja fitur unggulan dari whatsapp ini?
  • Adanya fitur story
    Fitur ini sangat disukai karena kita bisa update beberapa pembaruan baru yang telah terjadi atau sekadar berbagi video dan hasil tangkapan layar yang lucu. Untuk fitur story ini membuat whatsapp lebih banyak dinikmati oleh semua kalangan.
  • Mudahnya membuat emoji
    Jika di line ada stiker yang berbayar dan gratis, maka di whatsapp kita bebas ber-kreasi stiker buatan kita secara gratis dan juga mencomot hasil stiker orang lain!
  • Video call group yang bisa lebih dari dua orang
    Berbeda dari telegram yang hanya bisa dua orang, whatsapp sekarang mampu melakukan video call group dengan batasan 8 orang! sangat asik dan seru jika ingin berbicara dengan teman secara beramai-ramai.
  • Tampilan yang sangat simpel dan friendly untuk para orang tua
    Beberapa orang yang sudah menginjak usia 40 atau 50 tahun keatas terkadang sangat gaptek dan tidak terbiasa menggunakan hp. Tapi, tampilan whatsapp ini sangat mudah dipahami oleh mereka yang kurang terbiasa memakai teknologi. Hal itulah banyak para orangtua yang suka menggunakan whatsapp, contohnya pada grup keluarga kamu yang suka share broadcoast yang terkadang entah benar data dan keasliannya.
  • Masih bisa berfungsi jika internet lambat
    Beberapa aplikasi lain sangat susah terkoneksi bila sinyal mulai buruk, di whatsapp ini kita masih bisa menerima dan membalas pesan walaupun sedikit lambat.
  • Kirim file hanya max 100mb!
    Whatsapp hanya mampu mengirim video yang maksimal ukuran 100mb.
  • Bot di Whatsapp? Ada sih..
    Benar, ada bot yang bisa dipakai di whatsapp. Tetapi, kebanyakan bot masih menggunakan kontak seseorang. Dan itu sangat mengerikan jika bot yang berupa manusia itu membaca percakapan privasi dari grup kita. 

Penutup
Pendapat saya, saya sangat menyukai fitur yang telegram sajikan. Tetapi, kebanyakan keperluan dan kebutuhan sekolah maupun kantor kebanyakan menggunakan whatsapp sebagai tempat berdikusi online. Lalu, bagaimana dengan kamu? fitur mana yang kamu sukai? atau aplikasi chatting mana yang kamu sukai? 

Sekian dan terimakasih telah membaca artikel dipronetz kali ini! sampai jumpa di artikel berikutnya!
Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

15 comments

  1. Saya suka makai WhatsApp sih tapi lebih suka dipronetz update

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah menjadi pelanggan setia dipronetz gan, nantikan next update artikel yg bisa membuat agan senang dan riang.

      Delete
  2. lebih ke wa sih biasanya, karna yh temen temen bnyak make wa xixix

    Tpi lebih suka kamu kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, kebanyakan teman saya juga lebih banyak menggunakan WA. Makasih, kita sama sama suka

      Delete
  3. Bagus artikelnya, semongkoo 👍🏻 kunjungi website saya www.dewaagungwisnu.com

    ReplyDelete
  4. Kalau saya sih lebih suka telegram untuk urusan bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan, telegram emang easy to use kalo urusan bisnis

      Delete
  5. Dr fitur jlas telegram tp kontak bnayak d whatsapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena whatsapp memang cocok dipake buat aktifitas ringan sehari hari

      Delete
  6. Untuk berkirim pesan sih biasanya di wa, tapi enaknya telegram tuh ada fitur mencari grup enggak kayak wa yg harus masuk grup manual atau dimasukin admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, telegram sangat mudah untuk join komunitas

      Delete
  7. kalau saya masih senang dengan WA tapi juga menggunakan Tele untuk beberapa grup, cuma keduanya belum saya optimalkan fungsinya

    ReplyDelete

Post a Comment