Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Custom Rom Buatan Anak Bangsa

1 comment
ROM sebuah kata yang tidak asing dan sering kalian jumpai, bukan? Nah, apasih arti dari ROM tersebut? Apakah sama fungsinya dengan RAM? Pada artikel kali ini, kita akan membahas Custom ROM karya anak bangsa, Sudah seharusnya kita memakai produk lokal ya kan? sebut saja localpride! Custom ROM buatan anak bangsa ini tidak kalah bagus dengan Custom ROM buatan negara lain. Penasaran? Ayo cek artikel dibawah ini!

Perkenalan ROM
Mari mengenal ROM;- ROM adalah singkatan dari 'Read Only Memory' yang artinya suatu perangkat yang berupa suatu chip memori semikonduktor yang hanya bisa dibaca saja. Data yang tersimpan pada ROM ini bersifat permanen dan susah hilang, dan ROM ini berbeda dengan RAM walaupun mempunyai kesamaan dalam penyimpanan acak.

Lalu, Apa itu Custom ROM?
Custom ROM ialah mengganti ROM atau firmware bawaan handphone menjadi ROM dari pihak ketiga. Yang pastinya berbeda fitur dari ROM bawaan sebelumnya.
Contoh kecil : MIUI

Apakah ada Custom ROM buatan anak bangsa?
Ada, Custom ROM itu ialah ;
1.NusantaraProject
NusantaraProject adalah salah satu custom ROM buatan anak bangsa yang bisa kalian download secara gratis di website resminya sendiri. Custom ROM ini sudah menyediakan banyak variasi pada banyak developer untuk mendownload ROM ini. Fitur dari NusantaraProject ini salah satunya mensupport gaming mode dan mengganti tema, penggunaan baterai pada ROM ini dinilai tidak boros.

2.Komodo OS
Di nomor dua ada Komodo OS, kalian juga bisa mendownload OS ini dari website resminya. Cukup dari website resminya ya. Fitur yang disediakan pada custom ini juga menyediakan kustomisasi, keamanan pada android, performa dan baterai.Komodo OS ini berbasis open source. Custom ROM ini hanya tersedia beberapa developer saja dan tidak selengkap NusantaraProject, Komodo OS lebih banyak membuat CustomROM pada Xiaomi (selain itu tersedia Realmi dan Zenfone, meski tidak banyak) kita doakan agar bisa merambah ke developer yang lebih luas.

Bagaimana mendukung Custom ROM buatan anak bangsa ini?
Mudah, di website resmi mereka sendiri, terdapat beberapa link seperti trakteer dan buy me a coffee selain itu mematikan adsblock, seperti yang tertera dalam website resmi NusantaraProject itu sendiri. Pada website KomodoOS banyak menu untuk mendukung mereka, salah satunya bisa menggunakan aplikasi e-wallet yang biasa kamu gunakan.

Apa saja keuntungan dan kerugian dari custom ROM ini?
Banyak keuntungan yang kita dapatkan disaat menggunakan custom ROM, diantara lain meningkatkan performa baterai. Dan menghapus aplikasi bawaan pabrik yang terpasang pada handphone, hal ini biasanya memakan banyak storage pada hp karena banyaknya aplikasi bawaan pabrik itu sendiri. Selain itu, penyimpanan menjadi lebih banyak dan luas. Performa android juga meningkat serta cepat mendapatkan pembaruan android yang cepat.

Kerugian dari custom ROM ialah garansi hp kamu akan hilang setelah menginstall custom ROM tersebut, ada beberapa kasus yang menyebabkan suatu fitur android menjadi tidak berfungsi dengan benar setelah install custom ROM, kesalahan fatal akan terjadi jika kamu salah menginstall custom ROM ini, sebut saja mati total.

Penutup
Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk menganti ROM dengan OS diatas? Selain dua diatas ada beberapa Custom ROM lain yang bisa kalian dapatkan dan install. Yang terpenting, jika ingin custom ROM pastikan kamu sudah benar-benar siap, dan ikuti peraturan peng-installan yang benar jika tidak ingin terjadi kesalahan fatal. Tenang, banyak tutorial di youtube yang bisa kalian ikuti untuk menginstall custom ROM. 

Mari support produk lokal, dan terimakasih sudah membaa artikel dipronetz kali ini, see you di artikel berikutnya!
Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

1 comment

Post a Comment