Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (6) Game (7) Ilmu (35) Kesehatan (4) Komputer (25) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Mengapa Harus Berhati-hati Menggunakan Font di Dafont?

Post a Comment
Untuk menghasilkan sebuah desain yang ciamik, kita pasti mencari beberapa font yang bagus dan cocok untuk memperindah dan memperjelas maksud dari karya desain kita. Nah, biasanya kita mencari font tersebut dari beberapa website tempat download font. Salah satunya ialah, Dafont. Dan, ada sebuah kalimat yang menyatakan "Semua yang ada didunia ini tidak ada yang gratis" termasuk font di Dafont. Biarpun bisa di download tanpa membayar ternyata ada syarat dan ketentuan yang harus kamu ketahui, dan ini sangat penting. Penasaran? Mari cek artikel ini!
Sama seperti mendownload foto di google, kita juga tidak boleh sembarang pakai. Karena, dari banyaknya foto google itu, terikat yang namanya hak cipta yang tidak boleh digunakan sembarang. Begitupun font di Dafont ini. 
Lalu apa yang harus diperhatikan untuk menggunakan font di Dafont ini?
Untuk menambah wawasan serta mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, mari simak apa saja yang harus diperhatikan saat mendownload font di Dafont ini.

1. Jangan langsung download font yang menarik perhatian kamu.
Melihat font yang ditawarkan di dafont, sungguh indah dah menarik perhatian. Tapi ingat! jangan langsung mendownload font tersebut tanpa melihat tulisan pada pojok kanan didekat tombol download, keduanya bertuliskan "Free for personal use" atau kamu bisa mengklik font tersebut.

2. Klik font untuk melihat detail dari font tersebut
Pada saat meng-klik font tersebut, kamu akan disajikan sebuah note dari author peng-upload/pembuat font. Disana tertera "This fonts license is Free For Personal Use Only with limited feature" yang artinya dipakai untuk keperluan personal, tidak untuk branding, penjualan barang, dan untuk komersial. Di detail tersebut juga dijelaskan, jika ingin mengggunakan font ini secara komersial kamu bisa membeli dengan klik link dan menghubungi email yang tertera disana.

Kebanyakan font di dafont ini berlisensi personal use, jadi kamu harus lebih berhati hati dalam mendownload font di Dafont, yaa

Lalu, bagaimana cara mencari font yang free for komersial use?
Dengan lebih dominannya font yang berlisensi personal use, lalu bagaimana cara kita mencari font yang berlisensi komersial use? Gampang!

1. Klik menu "new fonts" pada home website.
Setelah meng-klik menu New Fonts maka mincul beberapa opsi seperti ini.

pilih opsi More options, setelah itu pilih "public domain/GPL/OFL dan 100% free" kemudian enter.


2. Selamat memilih fonts gratis!
Kalau sudah di ceklis bagian tadi, maka font yang tertera sekarang menjadi 100% free dan pastinya aman buat kamu gunakan!

Hal ini tidak berlaku di website Dafont saja ya, website tempat download font lainnya harus diperhatikan juga, hal ini juga berlaku pada gambar di internet ya, tidak semuanya gambar di internet itu gratis ada pula yang berbayar tanpa kita ketahui. Cara menghindarinya dengan 'aman' ialah mendownload gambar di website yang menyediakan gambar "free"atau bisa menggunakan gambar milik sendiri.

Penutup
Setelah membaca artikel diatas, pastinya kamu harus lebih berhati-hati dalam mendownload font di internet jika tidak ingin terkena masalah. Pastikan semua sumber daya desain kamu itu bisa digunakan untuk komersial, atau bisa membelifont dan gambar untuk menghindari masalah hakcipta. Jika kamu seorang yang kreatif, kamu bisa mendesain ikon dan vektor untukmu sendiri dan bisa juga dijual di website tertentu. Ok, cukup sampai disini. Terimakasih sudah membaca artikel Dipronetz kali ini, maaf jika ada kesalahan kata. 
Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

Post a Comment