Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (6) Game (7) Ilmu (39) Kesehatan (4) Komputer (29) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Apa Pengertian dari Botnet?

Post a Comment

 

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan ancaman di internet yang satu ini, sebut saja Botnet, bisa saja diartikan sebagai robot internet yang menjuruskan sebagai suatu hal yang positif, bukan? Karena beberapa bot yang kita pakai di beberapa aplikasi media sosial sangat membantu kinerja kita. Tapi, bagaimana dengan botnet? Apakah sama dengan bot yang sering kita gunakan tersebut?

Dalam artikel kali ini, akhirnya kembali lagi dalam sesi [Hati-Hati di Internet], setelah terakhir kali dipronetz membahas tentang penipuan/scam yang terjadi di discord. Kali ini dipronetz akan membahas bahaya dan pengertian dari bot-net. Jadi, apasih botnet itu?

Pengertian Botnet
Botnet merupakan salah satu jenis ancaman di internet yang cukup fatal, itu dikarenakan botnet adalah sebuah jaringan yang dikendalikan oleh sebuah komputer yang terinfeksi dan nantinya akan dikendalikan oleh peretas yang akan mengontrol perangkat yang telah terinfeksi oleh botnet dari jarak jauh. 

Hal ini tentunya sangat merugikan korban, karena peretas dapat mengendalikan komputer korban, mereka dapat membuat sebuah perintah berbahaya seperti penyebaran data, keylogger, melakukan aktifitas illegal tanpa diketahui, melakukan DDoS attack pada server/web, dan menambah sebuah ransomware/virus lainnya.

Bagaimana komputer bisa terinfeksi oleh botnet?
Layaknya cara kerja infeksi malware/virus, botnet juga disebar melalui tautan (link website) dan email yang berisi sebuah tautan berbahaya yang nantinya akan menginfeksi komputer.

Apa tujuan dari botnet?
Tidak salah lagi, tujuan dari botnet ialah menyebabkan kerusakan yang fatal bagi korban, yaitu :
1. Data pribadi yang dapat diakses oleh peretas.
2. Pencurian data penting.
3. Melakukan serangan DDoS jarak jauh, dengan ini sang peretas tidak perlu menggunakan energi tambahan seperti bantuan seseorang dan beberapa komputer untuk melakukan DDoS attack, dengan melakukan botnet sendiri, mereka dapat menginfeksi puluhan komputer yang bisa diperintahkan dari jarak jauh untuk melakukan serangan DDoS.
4. Pemerasan uang, dengan mengakses data pribadi korban. Peretas bisa memeras uang dari korban agar data bisa dikembalikkan.
5. Melakukan aktifitas minning illegal, dengan adanya beberapa komputer yang telah terinfeksi oleh serbuan botnet, Peretas dapat melakukan kegiatan minning dengan komputer yang telah terinfeksi.

Bagaimana cara menghindari botnet?
1. Seperti yang kita ketahui, penyebaran botnet dilakukan dengan mengirim sebuah email yang berisi tautan berbahaya. Dengan mengetahui ini, kita harus berhati-hati dalam membaca atau meng-klik sebuah tautan aneh yang tiba-tiba masuk ke kotak masuk email.
2. Hindari mendownload sebuah aplikasi abal-abal yang tidak memiliki kredibilitas. Beberapa cara lain peretas untuk menginfeksi komputer korban bisa dengan membujuk korban untuk mendownload aplikasi aneh dan tentunya tidak jelas.
3. Jangan asal klik link.
4. Periksa history browser dan task manager, hal ini dilakukan agar kita mengetahui kegiatan apa saja yang berjalan pada komputer kita. 
5. Konfigurasikan firewall, firewall membantu mencegah akses asing yang masuk pada jaringan, tidak hanya pada komputer milik sendiri, tetapi juga untuk komputer yang terhubung satu jaringan dengan milik kita.

Penutup
Sekilas cara kerja botnet sama halnya dengan teamviewer, karena dapat mengontrol perangkat lain dari jarak jauh. Meskipun demikian, teamviewer ini sangat membantu dalam pekerjaan dan pastinya tidak bahaya seperti  botnet yang juga merugikan, Maka dari itu, perlu ekstra hati-hati dalam menjelajah internet agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 
Baiklah, terimakasih sudah membaca artikel dipronetz kali ini dalam sesi [Hati-hati di internet]. Maafkan jika ada kesalahan kata yang tidak disengaja. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

Post a Comment