Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (6) Game (7) Ilmu (39) Kesehatan (4) Komputer (29) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Ketahui Ciri-Ciri Baterai Laptop yang Bocor!

Post a Comment
Baterai adalah salah satu komponen dari laptop yang sangat penting, karena semua aktifitas akan bertumpu pada baterai laptop. Jika ada sebuah kerusakan pada komponen baterai, maka beberapa kendala akan muncul, dan juga kinerja pada laptop akan menurun.Pernah merasa baterai laptopmu bekerja secara abnormal? atau tidak seperti biasanya? Jika baterai laptop tiba-tiba tidak seperti biasanya, pastikan kamu ketahui apakah bateraimu bocor atau hanya kendala semu.

Perlu kita perhatikan beberapa kinerja device milik kita, termasuk kinerja baterai. Kinerja baterai akan terus menurun seiring berjalannya waktu, maka dari itu perlu kita perhatikan jika muncul tanda-tanda abnormal yang merujuk kepada bocornya baterai pada laptop.  Lalu, bagaimana mengetahui tanda dari baterai laptop yang bocor? Nah, dipronetz akan membahas ciri-ciri laptop yang baterainya bocor!

1. Adanya simbol (X) bewarna merah di ikon baterai laptop.
Periksa ikon baterai laptopmu, sebuah simbol berbentuk (x) berwarna merah akan muncul jika laptop mengalami kebocoran, simbol x ini terkadang muncul dan terkadang tidak (biasanya juga terjadi error pada maiboard). Hal ini mengakibatkan laptop mati sendiri tanpa menggunakan perintah (shutdown). Adapun nanti, akan muncul pemberitahuan bahwa "baterai laptop perlu diganti secepatnya" agar nanti tidak timbul kerusakan yang lebih parah.

2. Harus dicharge agar bisa digunakan.
Adapun ciri lainnya ialah laptop tidak bisa menampung daya, dan harus menggunakan charger agar tetap hidup dan bisa digunakan. Hal ini membuat pemilik laptop harus terus siap sedia charger laptop dimanapun karena laptop tidak akan bisa digunakan tanpa charger. Ini adalah kasus yang paling parah dan harus segera mengganti baterai laptop dengan yang baru.

3. Pengisian daya tidak menyentuh full (100%)
Sudah sewajarnya saat men-charge sebuah gadget untuk sampai di titik penuh (100%) agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Tapi, tidak untuk baterai yang bocor. Pada baterai laptop yang bocor, mereka tidak bisa mencampai angka 100% (full).

4. Baterai sangat cepat terisi dan sangat cepat habis.
Pada saat mengisi daya, laptop yang baterai bocor akan sangat cepat terisi bahkan dalam hitungan menit. Ketika dirasa baterai pada laptop sudah penuh, maka kita akan melepas laptop dari charger. Pada saat itu, daya baterai akan berkurang sangat dratis bahkan tiba-tiba baterai menjadi sekitar 15%-30% saja. Setelah itu, laptop akan memasuki fase baterai lemah (5%) dalam hitungann menit saja.

5. Cek perubahan fisik pada baterai laptop.
Cek baterai laptopmu, jika membengkak/gembung berarti baterai mengalami kerusakan dan harus segera diganti. Untuk membuka baterai pada laptop juga harus hati-hati dan jangan sembarang, agar tidak menimbulkan kerusakan yang lain.

Pentingya selalu cek kesehatan baterai mu dan dianjurkan mengganti baterai laptop untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal. Tak lupa juga, hindari kebiasaan yang bikin baterai laptopmu menjadi rusak dan menurunkan kinerja. Seperti saat menonton film dan tidak langsung charge saat baterai sekarat, setelah itu laptop mati seketika karena daya baterai yang kosong. Dan juga jangan sering melepas baterai laptop, beberapa orang sering kali lepas-pasang baterai pada laptop untuk tujuan tertentu. lepas-pasang baterai boleh saja, asalkan jangan terlalu sering dan juga perhatikan dan lakukan secara baik baik agar tidak merusak komponen laptop yang lain.

Penutup 
Masalah pada baterai laptop ini adalah hal umum bagi para pengguna laptop. Tapi, beberapa dari mereka masih bingung dengan gejala lain yang timbul dari bocornya baterai ini. Hal yang paling disarankan ialah mengganti baterai laptop agar kinerja device menjadi maksimal seperti awal laptop baru. Dan, tak lupa menghindari kebiasaan yang memperburuk/mempercepat kerusakan pada baterai agar baterai lebih awet dan tidak bocor. Sekian dan terimakasih sudah membaca artikel dipronetz kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Sampai jumpa di artikel dipronetz berikutnya!

Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

Post a Comment