Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (6) Game (7) Ilmu (37) Kesehatan (4) Komputer (27) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (13) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Ketahui Perbedaan AMD dan Intel

Post a Comment

 

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apasih perbedaan dari intel dan amd? Tentunya kedua processor ini memiiliki perbedaannya masing-masing loh. Pas banget nih, artikel Dipronetz kali ini akan membahas apa perbedaan dari amd dan intel. Kira-kira apa ya? Gass, scroll kebawah!
1. Nama grafis onboard (IGP) 
IGP atau dikenal sebagai Intergrated Graphics Processor, ialah VGA bawaan dari processor itu sendiri. Pada intel mereka memakai nama VGA dengan Intel HD Graphics, dan pada AMD mereka memakai nama AMD Radeon.
2. Socket yang digunakan
Socket yang digunakan pada AMD biasanya memakai PGA (Pin Grid Array) yang pin dari PGA ini terletak pada processor dan sering dijumpai pada laptop. Jika AMD memakai PGA, intel pun menggunakan LGA (Land Grid Array) yang terletak pada motherboard. Kedua socket ini memungkinkan memudahkan membongkar-pasang untuk upgrade processor. Berbeda dengan socket BGA yang sudah dipasang dan disolder menjadi satu, hal ini membuat kita tidak bisa membongkar pasang socket jenis BGA.
3. Nama Seri pada Processor
Nama seri processor kedua ini sangat unik, jika intel mempunyai Intel Core, Pentium, Xeon, Celeron, dll. Maka amd mempunyai AMD Ryzen, athlon, sempron, duron, dll/
4. Kode nama processor
Pada setiap processor mempunyai kode nama sendiri, fungsinya tidak lain untuk memudahkan pengguna mencari tipe processor incaran. Pada intel mempunyai Apollo lake (pada seri atom, pentium) pada tahun 2016, Haswell E/Broadway E (Intel core gen-5 dan beberapa edisi ekstrim) dll. Pada AMD terdapat matisse dan picasso.
5. Penggunaan pada pada kedua processor?
Bisa dibilang, AMD sangat bagus jika kamu yang suka multitasking, atau gaming juga sangat cukup. Pada Intel, kamu bisa melakukan gaming dan beberapa task lainnya, 
Penutup
Kedua processor ini sama-sama kuat dalam editing ataupun gaming. Pada AMD kamu bisa menaikkan graphics untuk gaming, atau pada Intel pada editing. Keduanya memiliki kinerja yang sama sama baik, tergantung pribadi masing-masing lebih memilih Intel atau AMD. Ok, sekian terimakasih sudah membaca artikel dipronetz kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan kata yang tidak disengaja maupun yang disengaja. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

Post a Comment