Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Apa Itu Windows PowerShell?

1 comment
Mungkin bagi kamu masih asing dengan windows powershell ini, atau kamu hanya pernah melihat powershell ini tapi tidak tau fungsi dari software ini bagaimana. Kebanyakan orang lebih banyak mengetahui Command Prompt daripada Windows PowerShell. Dan, pada windows 7 muncullah jenis prompt command baru yang bernama Powershell. Nah, pada artikel kali ini dipronetz akan membahas apa sih windows power shell itu? Apa saja perintah sederhana dari powershell?

Power Shell dan Command Prompt memang memiliki kesamaan fungsi, mereka juga menjalankan suatu bahasa pemrograman, tetapi powershell memiliki fungsi yang cukup kompleks dalam sistem operasional windows. Powershell dibuat lebih baik daripada command prompt agar lebih bisa bersaing dari shell lainnya. 

Apa sih Windows PowerShell itu?
Dalam pengertian yang lebih lanjut, Power Shell adalah program shell command-line yang dikembangkan oleh Microsoft. Power shell memiliki jenis command line interface yang mendukung teknik script dan pemrograman pada windows. Powershell ini digunakan pada administrator yang ber-urusan dengan server berbasis windows. Selain itu, powershell juga menyediakan program API yang artinya bisa digunakan oleh pengguna aplikasi powershell yang lain. Platform pendiri dari powershell ini ialah .NET Framework, .NET core.

Perbedaan powershell dari command prompt
Meskipun memiliki kesamaan fungsi, tetapi fungsi dari powershell lebih jauh komplek daripada command prompt. Fungsi command prompt masih dibilang dibawah dari powershell ini, karena fungsi command prompt diantara lain ialah sebagai terminal dari compile bahasa pemrogaman, dan sebagai tempat pengoprasian DOS. Sedangkan powershell memiliki akses mengelola sistem windows yang lebih mudah, selain itu, powershell mempunyai fungsi yang membantu pengelolaan sistem operasi secara otomatis yang berbasis bahasa script. keunggulan power shell lainnya ialah memilik cmdlets yang mampu mengubah registry dan mengatur manajemen windows yang tidak dapat dilakukan pada cmd.

Bagaimana menggunakan powershell secara dasar?
1. Bukalah program powershell terlebih dahulu, dengan cara windows > search > windows powershell atau windows > all programs > accessories.
2. Ketik command pada kolom PS C:\Users\USER>
3. ketiklah help untuk melihat informasi dan daftar command.
diatas adalah hasil ketika mengetik help pada powershell, dan memunculkan bebeapa command yang bisa digunakan beserta fungsi dari command tersebut.
4. Mencoba melihat data penggunaan cpu dengan mengetik get-process.
5. Selain itu, kita bisa melihat perintah apa saja yang ada dalam perintah cmd. dengan cara mengetik get-command.
Diatas adalah hasil command yang didapatkan saat mengetik get-command.

Penutup
Bagaimana? apakah kamu sudah mengenal powershell dan mengerti cara kerja dari powershell?
Terimakasih sudah membaca artikel dipronetz, mohon maaf jika ada kesalahan kata yang tidak disengaja tertulis di artikel ini. Sekian, dan sampai jumpa di artikel berikutnya!
Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

1 comment

Post a Comment