Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Apa Saja Keunggulan USB Type-C?

Post a Comment

Seiring berjalannya waktu, perubahan teknologi terus terjadi. Hal itu tidak memungkinkan terjadinya perubahan fungsi dan bentuk suatu benda gadget di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu benda yang sangat berkaitan dengan dunia gadget adalah USB (Universal Serial Bus), yang juga berkembang seiring berkembangnya zaman. USB Type-C bisa dibilang adalah jenis port usb pendatang baru, yang dahulu hanya digunakan pada jenis laptop saja. Lambat laun sekarang banyak digunakan oleh berbagai jenis smartphone.

Pada artikel kali ini, dipronetz akan membahas keunggulan usb-type c, apa saja keunggulan dari usb-type c ini?

1. Pengisian Daya yang Cepat

Semua orang sangat menginginkan pengisian daya yang cepat, guna mempermudah pekerjaan dan memperingkas waktu. Pada USB Type-C ini memiliki output daya maksimal sebesar 20V dan 5A, itulah yang membuat pengisian daya pada smartphone lebih cepat daripada micro USB atau USB terdahulu.

2. Transfer Data Lebih Cepat

Selain pengisian daya yang lebih cepat, usb type-c juga memiliki keunggulan untuk transfer data yang lebih cepat. Usb type ini dapat menstransfer data kecepatan sampai dengan 10 Gbps, sangat cepat! Hal ini tentu memudahkan kita untuk menstransfer data berukuran besar ke laptop atau hp lainnya.

3. Mudah Digunakan!

Iya benar, berbeda dari port usb sebelumnya yang harus dibalik agar lubangnya pas. USB type-c ini tidak perlu serepot itu!

4. Dapat Digunakan Dalam Berbagai Gadget

Itu dikarenak usb type-c ini bersifat universal, yang artinya bisa digunakan untuk gadget jenis manapun. Selain dapat digunakan untuk berbagai jenis gadget, tipe usb ini juga dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi pada windows, iOS, Linux dll. Perlu diingat fungsi dari type-c ini harus berada pada sistem android Marshmallow (sampai dengan keatas). Jika tidak maka beberapa fungsi dari Type-C ini belum dapat digunakan.

5. Dapat Menampilkan Media Berukuran Tinggi

Fungsi lainnya ialah, usb type-c dapat menampilkan sebuah media berupa gambar, video maupun suara ke proyektor/televisi sampai dengan resolusi 4K. Hal ini sangat berguna dan juga ikut memudahkan dalam menampilkan suatu media ke layar yang lebih besar. Tetapi, perlu beberapa alat tambahan lagi seperti Port HDMI, Display Port, dan VGA.

Penutup
Bagaimana teman-teman? Apakah sekarang kalian sudah menggunakan usb type-c ini? Atau masih menggunakan micro usb? Kebanyakan keluaran smartphone terbaru sudah mengeluarkan charger type-c ini. Dan pastinya sekarang sudah banyak ditemui usb type-c di hp hp sekitar kita! Terimakasih sudah membaca arrtikel dipronetz kali ini. Mohon maaf jika ada kesalahan kata yang tidak disengaja. Semoga menambah ilmu dan pengetahuan kalian, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Dipa
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)

Related Posts

Post a Comment