Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (3) Game (5) Ilmu (27) Kesehatan (4) Komputer (13) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (15) Trik (13) tutorial (8)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Contoh 'Cacat Logika' yang Sering Terjadi Pada Kehidupan Sehari-hari

Post a Comment
Pada dasarnya, manusia diberi dalam kebebasan pendapat, Ya, manusia mempunyai hak menyatakan pendapatnya dalam bentuk apapun.

Tetapi, meskipun bebas. Kita harus tetap memikirkan konsekuensi dari perkataan/pendapat kita tersebut. Serta, kita juga harus berpendapat dengan sopan kepada seseorang. Apalagi kita sering menemukan lawan berbicara yang cacat logika, eh cacat logika? apa maksudnya?

Cacat Logika Atau bisa disebut logical fallacy, sesat pikir.
Yaitu kondisi dimana kesalahan dalam aktifitas berpikir karena penyalahgunaan bahasa (verbal) atau relevansi (materi). dan kesesatan penalaran yg dipelajari lawan bicara dari argumentasi logis.

Lalu, apa sajakah Cacat Logika yang dimaksud?

ilustrasi dibuat secepatnya
mohon maaf ketidak sempurnaan dalam ilustrasinya.


1. Bandwagon
Bandwagon? Apa maksud dari Bandwagon tersebut?
Bandwagon adalah membenarkan sesuatu terhadap apa yang dilakukan oleh seseorang.
Contoh : Kita menasehati seseorang untuk memakai helm demi keselamatan, tetapi orang tersebut menyangkal bahwa orang lain juga tidak memakai helm.

2. Anecdotal
Anecdotal? Apa itu Anecdotal? Apakah sama seperti Anekdot?
Anecdotal adalah kondisi dimana seseorang mempercayai pengalaman pribadi atau contoh yang sempit dan menganggap hal tersebut valid/benar.
Contoh : "Halah pake berobat ke dokter, Tante Mirna aja sembuh sendiri tanpa berobat ke dokter!" atau "Ngerokok ga ngerokok ya bakal mati juga! Lihat Pak Warno, dia ngerokok tapi bukan meninggal akibat sakit akibat ngerokok!"

3. False Cause
untuk case False Cause sering kali didengar. Terutama pada lingkup teman dan keluarga.
jadi, apa itu False Cause? False Cause adalah Menyimpulkan sebab atau suatu peristiwa dari hal-hal yang terjadi secara bersamaan dan berurutan.
Contoh : Ketika asik menonton video di Youtube, dan temanmu datang dan tiba-tiba video Youtube buffering, dan kamu pun menyalahkan temanmu "Ada kamu nih, jadi buffer kan"
Alih-alih sebagai cacat logika, case False Cause ini sering ditunjukan sebagai guyonan dan candaan.

4. Strawman
Strawman adalah kecacatan logika pada saat menanggapi argumen orang lain tetapi dijawab dengan representasi berbeda. 
Contoh : Ketika diajak pergi kesuatu tempat tapi kamu emang belum izin  dengan orang tua. Dan temanmu merespon "wah pasti anak mami nih, takut ya?"

5. Ad Hominem
Hominem dengan Homina apakah sama? Tentu tidak!
Ad Hominem adalah cacat logika yang menyerang hal-hal pribadi yang tidak ada kaitannya dengan yang dibahas.
Contoh : "Jangan merokok disini mas, disini ada papan dilarang merokok" Lalu sang perokok tidak terima dan menuturkan "Bilang saja kamu benci rokok! iya kan?!" atau Ketika menegur orang yang membuang sampah seenak jidat di jalan, dia pun tidak terima "Anak seusia kamu tau apa tentang kebersihan lingkungan?! Urus aja sekolah yang bener! jangan ngurusin orang dewasa!"

6. Association Fallacy
Assosiation Fallacy
adalah menerapkan citra bagi suatu kelompok berdasarkan citra seseorang atau sebaliknya.
Contoh : "Eh keluarga si A anaknya ada yang rebut bini orang, wah jangan jangan satu keluarga sama juga nih!" atau "Jangan gabung organisasi itu deh, masa' salah satu dari mereka mau menawarkan bisnis yang aneh-aneh. Pasti semuanya juga penipu!"

7. Appeal to Tradition
Apakah contoh kali ini menyangkut ke Tradisi? mungkin bisa dibilang begitu.
Appeal to Tradition adalah menganggap suatu benar karena sudah menjadi tradisi sejak dahulu.
Contoh : "Apa salahnya kami berpesta dan bermabok ria ditengah malam gini? toh zaman dahulu sah sah saja kok!" atau "Masak jualan disini ga boleh?! zaman dulu boleh-boleh aja!"

8. Ad Novitatem
Ad Novitatem adalah mengira semua yang baru selalu bersifat lebih baik atau bagus.
Contoh : "Hari gini masih nyatat-nyatat di buku? Sekarang zamannya smarthpone woi!" 

9. Ad Antiquitam
Ad Antiquitam adalah kebalikan dari Ad Novitatem.
Yaitu mengira nilai-nilai lama selalu benar.
Contoh : "anak tahun sekarang tontonannya pada ga bener nih! lihat kami tahun 90-an tontonannya kartun dan mendidik lagi!" atau "Zaman sekarang pada maen HP mulu! kami aja dulu mentok-mentok maen kelereng!"

10. Red Herring
Bagaimana dengan Red Herring apakah ada kaitannya dengan Red Velvet Girlband Korea? Tentu tidak.
Red Herring adalah memberikan argumen yang tidak ada kaitannya dengan topik yang dibahas, sebagai usaha atau pengalihan isu bicara.
Contoh : "Jadi, kata kamu si A melakukan sesuatu yang tidak pantas? dan padahal itu fitnah dan tidak terbukti benar." lalu dijawab "Manusia sering khilaf, toh maafkan saja saya"

Sebenarnya, Logical Fallacy atau Cacat Logika sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Contohnya bisa teman, keluarga atau diri kita sendiri.

Bahkan, kita juga tanpa sengaja ber-argumen dengan CacatLogika dan itu tanpa kita sadari. Tidak hanya 10 contoh Cacat logika, sebenarnya masih banyak jenis Cacat Logika yang lain.
Dan, mungkin selebihnya bisa di-update ke post berikutnya!

Sekian dan terimakasih kepada kalian yang sudah membaca.
Sampai jumpa di artikel berikutnya!


Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan "tiga" idol grup, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email