Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (12) Design (3) Game (5) Ilmu (28) Kesehatan (4) Komputer (14) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (15) Trik (13) tutorial (8)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Jangan Salah, Ternyata Coding dan Progamming itu Berbeda Loh!

Post a Comment

Memasuki era modern, semua akan bergantung pada teknologi. Bahkan pada masa pandemi seperti ini, penggunaan teknologi semakin meningkat drastis. Hal itu mendorong beberapa orang untuk terjun memperdalam ilmu teknologi yang selama ini ia gunakan. Salah satu ilmu teknologi ialah coding dan progamming. Tapi, kedua itu dipandang oleh orang sebagai satu kesatuan yang sama, padahal kedua hal itu berbeda, loh.



Lalu apa sih yang menjadi pembeda antara progamming dan coding? yuk, cek perbedaannya dibawah ini!

Mulai dari hal simpelnya nih, coding merupakan bagian dari progamming. Jadi, coding masih termasuk bagian dari proses kerja progamming. Sedangkan programming sendiri merupakan suatu pembuatan yang dapat mengeksekusi perintah secara garis besar.

Pada coding, kita harus memahami syntax dan basic pada bahasa pemrograman yang kita buat. Syntax pada bahasa berbeda-beda maka dari itu pahami setiap bahasa yang ingin dipelajari. Saran saya, bahasa paling dasar ialah html dan python. Kamu bisa juga langsung loncat ke C++ jika berminat.
Coding juga diartikan sebagai proses untuk memudahkan sistem komputer membaca bahasa mesin yang telah diubah dari bahasa manusia.

Untuk progamming pekerjaannya jauh lebih detail daripada mengeksekusi bahasa program tersebut, kita harus harus memahami algoritma, pemrosesann data, permodelan masalah dan project manajement.

Alat yang dibutuhkan untuk coding hanya berupa program text editor, ada banyak text editor yang bisa kalian coba. Salah satunya ialah Notepad++ dan Sublime text. Lalu bagaimana dengan progamming? Progamming membutuhkan perangkat analisi, generator kode,program untuk modelling serta framework untuk testing.

Pada coding, kita selalu melakukan trial error guna menguji code yang kita buat untuk bisa dijalankan/run sebagaimana mestinya. Sedangkan pada programming lebih menekankan ketelitian dan detail khusus yang sudah teruji secara ber-alur.

Hasil dari progamming ialah menciptakan sebuat aplikasi yang akan siap digunakan dengan melewati beberapa tahapan dan proses detail agar mengurangi risiko terjadinya bug didalam aplikasi yang dikembangkan. Sedangkan coding seperti yang kita bahas pada awal paragraf ialah suatu bagian dari proyek/proses progammer.

Pada intinya, progamming merupakan suatu yang kompleks dan banyak melakukan tahapan mulai dari debugging, testing dan implentasi kode. Beda dari coding yang menjadi bagian dari proses progamming, Jadi, mereka ini serupa tapi tak sama, yaa.

Untuk memahami coding secara lebih lanjut, pada dasarnya harus memahami beberapa bahasa pemrogram dan melakukan latihan secara berkala dan trial error. Begitu pula pada progamming yang membuthkan skill seperti pemecahan masalah, design fitur, eksekusi kode, dan uji coba pada aplikasi yang telah dikembangkan.

Ok, cukup sekian artikel dari dipronetz kali ini, dan ini adalah post kedua setelah beberapa bulan hiatus dikarenaka beberapa faktor internal dan eksternal. Terimakasih sudah membaca dipronetz, mohon maaf jika ada kesalahan kata. Sampai jumpa di artikel berikutnya!
Dipixel
Menyukai hal yang berbau retro, kopi lokal, stan IZ*ONE, dan suka bermain game (terutama genre visual novel)
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email