Side Note

Mari membaca artikel, membaca adalah bagian dari ilmu.

Label

acara Tv (2) Aplikasi (13) Design (6) Game (7) Ilmu (48) Kesehatan (4) Komputer (39) mistis (1) Review (5) Serba Serbi (25) Test (5) Tips (17) Trik (14) tutorial (9)

Advertisement

 

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Join Sahabat Blogger Group on telegram 

About Me

Perbedaan Antara MBps dan Mbps

4 comments
Internet memang sangat mengasyikkan, bahkan, kita juga dapat banyak manfaat positif dari internet. Internet juga pasti mempunyai sebuah media untuk mengakses luasnya internet itu. Diantara lainnya ada menggunakan kuota atau wi-fi.

Pastinya, kalian pernah melihat ada sebuah kata seperti MBps atau Mbps yang sangat tidak asing untuk kalian. Dan, mungkin kalian tidak tau/keliru bahwasannya MBps dan Mbps itu tidaklah sama.
Loh, apa perbedaannya?


Jika dilihat dan tidak dipikirkan, MBps dan Mbps memang serupa tapi tidak sama. Perbedaan mereka hanya terletak pada huruf B saja. Dan, beberapa oragng mungkin belum tentu menyadari perbedaan yang sederhana ini. Seperti pada gambar, MBps merupakan singkatan dari Megabyte per Second sedangkan Mbps singkatan dari Megabit per Second.

Perbedaan mereka ini terletak pada kecepatan internet, itu sudah jelas. Karena terdapat kata Byte dan Bit.
Perbandingannya, 8 Mbps setara dengan 1 MBps. Jadi, kecepatan MBps lebih cepat 8x dari Mbps.
Seperti contoh berikut ini ;
Kamu tergiur dengan sebuah provider yang menawarkan kecepatan download yang mencapai 190Mbps dengan embel-embel angka seratusan yang tinggi. Kita pasti langsung tergiur. Tetapi, setelah kita konversikan ke Kbps maka menjadi seperti dibawah ini.
190Mbps dikonversikan ke Kbps hasilnya menjadi 19000kbps. Nah, karena perbandingan MBps dan Mbps adalah 1:8. Maka 190000/8 = 2375 dapat dikatakan menjadi 23MBps.
Contoh yang lain ;
Diatas adalah koneksi internet saya, hanya berkisar 130.0 Mbps dan jika dikonversikan ke Kbps menjadi 13000Kbps. Dan terakhir diubah menjadi MBps dengan cara 13000/8 = 1625 yang artinya berkisar hanya 16MBps.
Terakhir, itu semua tergantung kapasitas internet kamu. Misalnya hp/router kamu hanya support di jaringan 3G atau router hanya mendukung 10MBps maka koneksi internet kamu tidak optimal.


Jadi, bagaimana? Apakah kamu sekarang tau perbedaan antara Mbps dan MBps? Jangan anggap sama lagi ya, mereka itu berbeda.

Sekian dan terimakasih, bagi yang sudah membaca artikel Dipronetz kali ini, sampai jumpa di next artikel ya~
Taradipa
Pelajar yang hobinya dengerin lagu slow rock yang ditambahkan dengan sedikit bumbu ballad, juga nge-stan dengan IZ*ONE, dan yang terakhir suka kopi dan kamu.

Related Posts

4 comments

  1. Selama ini saya kira sama, karena kepanjangannya juga terdengar hampir mirip

    ReplyDelete
  2. Informatif sekali mas.... sy baru tahu kalau dari keduanya tersebut ada perbedaan.

    ReplyDelete

Post a Comment